Bukan Maya

Seperti menerima sebuah hadiah, maya merasa sangat bahagia. Ditemani dengan alunan indah musik berirama Arabian, menjadi suatu bentuk kebiasaan baru buatnya. Kini suasana hatinya tidak lagi segundah dulu. Tidak lagi sepi karena kesunyian. Tidak lagi bosan karena kepenatan. Tidak lagi ragu karena sebuah keputusan yang mampu mengharuskannya berlaku tidak seperti yang diharapkannya. Maya mengalami suatu perubahan yang menjadi bahan bagi tulisan lembar hidupnya. Menjadi alas kaki dikehidupan berikutnya. Yang memiliki sebuah harapan besar untuk menjalani banyak hal yang ia inginkan. Maya bukan lagi sesosok yang rapuh pada keharusan, kenyataan yang membuatnya melakukan apa yang sebenarnya ia tolak.

 

Masih sendiri pada ketakutannya, ia harus meninggalkan mimpinya. Namun, tidak hanya sampai pada ketidakmampuan dapat menyulitkannya. Maya mampu melewati kesulitan yang selama ini menyelimuti ruang lingkupnya, yang menjadi hambatan baginya untuk melangkah.

 

Telah hampir satu setengah jam, ia menduduki kursi yang menjadi tempat favoritnya belakangan ini. Di depannya terdapat sebuah monitor computer kesayangannya yang senantiasa menemaninya dalam kesendirian. Dalam keadaan kedua kaki yang diangkat dan diletakkan melurus ke atas kasur empuk tempat tidur, ia bercerita. Menuangkan segala keluhnya pada monitor kesayangannya itu. Hal ini kini telah menjadi sebuah keharusan baginya untuk bersahabat. Mengenal kembali suatu hal yang telah hilang darinya. Ia ingin belajar dari kesalahan. Dari bayangan bodoh yang menghantui masa lalunya. Dari pesan secarik kertas itu, maya berkata bukan maya. Namun, ia berlaku bukan dirinya. Masih terbaca sangat jelas dalam ingatannya. Pesan itu telah merubahnya dalam sekejap. “Belajarlah merasakan isi hati lalu ikuti, bukan lari dan malah menjauhi”. Maya kembali membalas dengan senyum kecilnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: